Cara Mengatasi Kebakaran Agar Tidak Ada Korban

By | May 23, 2018
Spread the love

Sekarang kebakaran sudah banyak terjadi di Indonesia apalagi sekarang sedang musim kemarau panjang membuat kebakaran menjadi lebih sering terjadi. Tetapi kebakaran untuk saat ini sangat jarang terjadi di pemukiman warga tetapi terjadinya di gunung atau di hutan. Biasanya kebakaran ini diakibatkan oleh pembakaran sampah atau sengaja membakar hutan untuk dijadikan lahan perkebunan. Tetapi ada cara agar korban tidak berjatuhan dan caranya adalah kalau sudah ada tanda-tanda kebakaran maka segera padamkan sumber kebakaran dengan alat pemadam api.

Jenis-Jenis Alat Pemadam Kebakaran

Kebakaran sudah banyak memakan korban dan sudah menimbulkan banyak sekali kerugian, yang bertugas untuk mencegah kebakaran atau mematikan kebakaran bukan saja pemadam kebakaran saja tetapi masyarakat harus membantu tugas tersebut. Ada beberapa alat pemadam yang dapat dimiliki masyarakat untuk mencegah terjadinya sebuah kebakaran dan alat tersebut penjelasannya berikut ini.

  • Pemadam Api Ringan

Alat pemadam ini adalah yang paling mudah dibawa ke mana-mana dan juga dapat digunakan satu orang saja jadi tidak perlu bergotong royong saat menggunakannya. Alat pemadam api ini dilengkapi dengan alat untuk mengukur tekanan yang fungsinya adalah menunjukkan berapa tekanan di tabung alat tersebut. Jika sudah ada alat ukur ini pengguna jadi bisa mengontrol alat ini agar bisa berfungsi secara maksimal, untuk ukurannya dibedakan menjadi dua. Untuk yang umum itu beratnya sampai dengan 9 kg dan untuk alat khususnya yang isinya Carbon Dioxide beratnya hanya sampai 7 kg saja.

  • Alat Pemadam Portable

Alat yang kedua adalah alat portable, alat ini juga tidak perlu dipakai sampai dua orang karena sendirian saja sudah bisa mengoperasikan alat ini. Alat ini biasanya ada di perkantoran atau di sekolah-sekolah, karena ukuran tidak besar dan juga tidak terlalu berat membuat alat ini hanya pakai satu kali saja. Jadi jika sudah menggunakannya tabungnya bisa dibuang karena tidak bisa diisi ulang, makanya jangan buat main-main alat ini supaya bila sedang membutuhkan alatnya masih bisa berfungsi.

  • Alat Pemadam Thermatic

Alat ini adalah yang tercanggih karena berfungsi secara otomatis tanpa perlu dinyalakan, biasanya alat satu ini adanya di gedung-gedung yang tinggi atau perkantoran. Alat ini sudah wajib ada di semua tempat yang susah dijangkau karena jika tempat tersebut terbakar maka penanggulangan yang pertama akan dilakukan alat ini.  Cara kerja dari alat ini adalah saat ada asap biarpun tidak banyak maka alat ini menyala dan akan langsung mengeluarkan air untuk mematikan sumber asap tersebut. Alat ini akan berhenti jika asap sudah tidak keluar lagi dan tidak ada tanda-tanda kenaikan suhu di ruangan tersebut.

Cara Mencegah Kebakaran Terjadi

Jika ingin tidak merasakan kerugian akibat kebakaran maka harus tahu bagaimana agar kebakaran tersebut tidak terjadi, untuk proses pencegahannya adalah harus tahu penyebab utamanya dulu kenapa kebakaran tersebut sampai terjadi. Penyebab yang utama itu adalah tabung gas elpiji yang meledak atau ada juga kebocoran gas, makanya selalu mengecek tabung gas apakah masih sempurna. Juga harus mengecek apakah aliran gas tidak ada gangguan tidak mengalami kebocoran juga.

Penyebab yang kedua adalah karena lilin, biasanya jika mati listrik pasti akan menyalakan lilin untuk membuat ruangan terang tetapi lilin inilah yang sering membuat rumah kebakaran. Jadi jika memang menyalakan lilin sebaiknya sebelum tidur itu lilin harus dimatikan atau tidak jika sudah nyala listriknya itu harus dimatikan dan siapkan juga alat pemadam api.