Memahami Makna Kata Barakallah Fii Umrik

By | September 10, 2020
Spread the love

Kalimat barakallah fii umrik sudah sangat sering terdengar sebagai ucapan selamat ulang tahun pada teman atau saudara, dan Anda pun mungkin pernah mendapat ucapan itu. Tapi tahukah Anda arti, makna dan hukumnya mengucapkan kata-kata tersebut?

Arti dan makna kata Barakallah fii umrik

Tak hanya sekedar kata-kata sebagai ucapan selamat ulang tahun tapi “Barakallah fii umrik” juga mengandung doa didalamnya, dimana arti kata tersebut bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah “semoga Allah memberkahi dalam usiamu”.

Barakallah fii umrik adalah kalimat yang umum digunakan umat islam untuk mengucapkan selamat atas bertambahnya umur, ucapan ini memiliki makna yang berbeda – beda bagi setiap orang. Ada yang memaknai kalimat ini sebagai perayaan kematian, karena ulang tahun berarti bertambahnya usia dan berkurangnya sisa usia di dunia yang mendekati kematian.

Namun ada juga yang memaknainya sebagai berkah atau rasa syukur masih diberi umur dengan memanjatkan doa semoga di sisa umurnya diberi kesehatan dan kegembiraan selalu. Seperti yang diketahui hari ulang tahun adalah suatu momen yang mengingatkan akan hari lahir seseorang dan menjadi tanda perjalanan selama hidupnya. Dan mengucapkan selamat ulang adalah salah satu cara membahagiakan orang lain.

Balasan ucapan Barakallah fii umrik

Sesama muslim sepatutnya saling membalas doa yang diberikan dengan kata-kata doa juga, ucapkanlah “Wa fiiki barakallah” untuk perempuan dan ucapkan “Wa fiika barakallah” untuk laki – laki, yang memiliki kemiripin arti yaitu ”semoga Allah juga memberkahimu”.

Hukum mengucapkannya dalam islam

Menurut pandangan Nahdlatul Ulama hukum mengucapkan kalimat Barakallah fii umrik adalah mubah artinya jika dilakukan tidak mendapat dosa atau pahala. Tapi perlu di ketahui hukum mubah berlaku bila dalam ucapannya tak mengandung niat buruk yang mendatangkan dosa.

Namun sebagian ulama ada yang mengatakan hukumnya sunnah hal ini didasarkan pada kalimat doa yang terkandung didalamnya. Dan menurut riwayat para sahabat pun pada zaman Rasululullah sering mengucapkan kalimat ulang tahun tersebut.

Pandangan sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan berinteraksi dengan sesamanya, baik itu teman, saudara, tetangga atau siapapun itu, dan ulang tahun adalah momen spesial bagi setiap orang.
Sebagai muslim yang baik mengucapkan kata selamat ulang tahun sebagai bentuk keramahan dan membahagiakan orang lain tentu hal itu tidak dilarang dalam islam.

Jadi menurut sisi sosial dan menurut pandangan islam pun mengucapkan selamat ulang tahun dapat mempererat persaudaraan.

Larangan dalam perayaan ulang tahun

Seperti yang telah disebutkan diatas mengucapkan kata -kata Barakallah fii umrik sebagai ucapan selamat ulang tahun tidaklah dilarang yang hukumnya adalah mubah. Tapi ada batasan – batasan dalam merayakan ulang tahun yang diantaranya adalah larangan tiup lilin, musik dan joget, serta gaun-gaun yang memperlihatkan aurat.

Adab merayakan ulang tahun dalam islam

Islam selalu menganjurkan hal -hal yang baik termasuk dalam merayakan hari jadi atau ulang tahun, agar mendapat pahala dan berkah di dalamnya. Islam mengajarkan untuk mengadakan syukuran kecil dengan berbagi pada anak yatim dan fakir miskin juga mengumandangkan lantunan shalawat.

Bukan dengan mengadakan pesta dan berfoya -foya menghamburkan uang yang tak ada manfaatnya.

Apakah perlu memberikan hadiah ulang tahun

Memberikan hadiah pada teman atau saudara atau siapapun pada saat ulang tahunnya tidaklah dilarang dalam islam, hal ini pun telah menjadi tradisi turun temurun. Dan berdasarkan hadist HR.Bukhari Muslim : 2585, “Rasulullah biasa menerima hadiah dan beliau pun membalasnya”.

Jadi disamping mengucapkan kalimat Barakallah fii umrik, Anda juga dibolehkan memberikan hadiah sebagai kado selama itu tidak membebani atau memberatkan Anda.

Kumpulan ucapan selamat ulang tahun yang baik untuk orang tersayang

Banyak kata-kata yang baik yang dapat Anda ucapkan sebagai ucapan selamat ulang tahun dalam islam untuk ibu, ayah, suami, anak atau orang terdekat yang Anda sayangi.

  1. Ucapan untuk suami, Barakallah fii umrik suamiku, mari kita ucapkan syukur pada Allah atas bertambahnya umurmu. Semoga selalu diberi kesehatan, kelancaran rezeki, semakin sayang dan cinta pada keluarga, serta semoga dapat menjadi imam yang baik untukku dunia dan akhirat, Aamiin yaa Rabbal Aalamiin.
  2. Happy milad Mubarak suamiku tercinta, Alhamdulillah atas berkah yang telah Allah berikan padamu. Semoga kau selalu diberi kesehatan lahir dan batin, rejeki yang lancar dan halal. Semakin cinta padaku dan anak-anak, selalu setia dan makin sayang terhadap keluarga. Aamiin
  3. Ucapan untuk istri, Barakallah fii umrik istriku tercinta, alhamdulillah bertambah usiamu, semoga kau diberi panjang umur dan kesehatan. Semoga tak pernah lelah mengurus dan menjaga anak kita, dan semoga selalu diberi kesabaran dan keikhlasan penuh kasih dan cinta untuk keluarga, Aamiin Yaa Rabbalalaamiin.
  4. happy milad istriku tersayang, semoga selalu diberi kesehatan, ketakwaan dan keimanan dalam menjalankan kewajibanmu. Makin sabar dan cinta padaku dan anak – anak, semoga Allah jadikan pengabdianmu padaku sebagai ladang pahala bagimu, Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.
  5. Ucapan untuk Ibu, Barakallah fii umrik ibu tersayang, semoga panjang umur, selalu sehat dan bahagia.
  6. Alhamdulillah puji syukur pada Allah yang telah memanjangkan usiamu Ibu, hanya doa yang dapat kuberikan semoga Allah senantiasa menjaga kesehatanmu, melapangkan rezeki, dan selalu dalam keimanan dan ketakwaan pada Allah disisa umurmu, semoga selalu tak putus pula mendoakan kami anak-anakmu. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.
  7. Ucapan untuk Ayah, Barakallah fii umrik Ayah, Semoga sehat, sukses dan bahagia selalu. Terima kasih Ayah perjuanganmu untuk keluarga tak dapat dibalas dengan apapun.
  8. Ucapan untuk anak, Barakallah fii umrik anakku sayang semoga Allah menjadikanmu anak yang sholeh / sholehah, anak yang berguna bagi agama, orang tua dan masyarakat. Semoga Allah mewujudkan cita -citamu kelak, Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.
  9. Met milad ya Nak. Semoga Allah memberkahi sisa usiamu sehingga kau dapat menjadi sosok yang lebih baik, sholeh, dan lebih beruntung di waktu yang akan datang. Jangan lupa selalu jalankan ibadah dan doakan ayah ibumu setiap saat.
  10. Ucapan untuk saudara, Barakallah fii umrik kakakku sayang, semoga diberi panjang umur dan kesehatan, semoga Allah melimpahkan rejeki dan memudahkan setiap langkahmu serta memberkahinya, semoga makin sayang sama keluarga dan didekatkan dengan jodoh yang baik, Aamiin Yaa Rabbal’alamiin.
  11. Barakallahu fii umrik ukhti, semoga diberi umur yang panjang dan berkah, sehat dan sukses selalu, Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.
  12. Ucapan untuk sahabat atau teman, Barakallah fii umrik ya sahabatku tersayang, semoga Allah memberikan keberkahan di setiap rezekimu dan tak lupa juga ku doakan kau selalu sehat dan panjang umur. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.
  13. Ucapan untuk guru, Barakallah ya guruku tercinta semoga Allah memberkahi setiap pertambahan usiamu, diberi kelancaran rezeki dan kesabaran dalam memberikan ilmu pada kami murid – muridmu. Aamiin Yaa Rabbal’alaamiin.

Itulah kata – kata Barakallah fii umrik dan ucapan selamat ulang tahun dalam islam, semoga bermanfaat.